RSS

Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran ;  Suatu proses mendefinisikan, mengantisipasi dan memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen atas barang dan jasa.
Branding ----- > Adalah nama, istilah, tanda, symbol/lambing/logo, desain, warna, gerak, atau kombinasi atribut2 produk lainnya yg diharapkan dapat membedakan identitas dan difernsiasi yg membadakan dengan produk pesaing.
Brand= sesuatu yg d beli konsumen, unik sukar djiplak, dapat bertahan lama. Produk= sesuatu yg dhasilkan pabrik, mudah dtiru pesaing, mudah usang.
Manfaat bg pembeli= menceritakan mutu, mmbantu membari perhatian trhadap produk2 baru yg mungkin bermanfaat bg mereka. Manfaat bg perusahaan= memudahkan penjuak mengolah pesanan dan menelusuri masalah2 yg timbul, memberikan perlindungan hokum atas keistimewaan atatu cirri khas produk, memungkinkan untuk menarik sekelompok pembali yg setia dan menguntunkan, membantu penjual melakukan segmentasi pasar.
Tujuan= 1. identitas perusahaan yg membedakannya dengan produk pesaing. 2. sebagai alat promosi dan menonjolkan daya tarik produk. 3. membina citra (keyakinan, jaminan kualitas, serta citra prestise). 4. mengendalikan dan mendominasi pasar.
Makna brand= atribut, manfaat, nilai2, budaya, kepribadian, pemakai.
Syarat brand= khas/unik, menggambarkan manfaat produk dan pemakai, menggambarkan kualitas, mudah d ucapkan dan d ingat, tdak mengandung arti buruk d negara dan bahasa lain, adaptable denga produk2 baru.
Elemen2 branding= image=menandakan reputasi dari suatu merk, identitas=menunjukan latar bel;akang dan merk, intregritas=mengarah pd kepercayaan kualitas.
Strategi posisi secara umum dterapakn untuk mengumunikasikan suatu citra merk dan membedakan merk dari komperitor, tetapi posisi memberikan sedikit panduan dalam mengelola dan memelihara suatu ctra yg konsisten dari waktu k waktu.

Mengelola saluran pemasaran

Saluran2 hendaknya d pilih berdasarkan efesiensi, kemampuan untuk d kendalikan dan kemampuanya untuk d adaptasikan.
Saluran pemasaran= serangkaian organisasi yg saling tergantung yg terlibat dalam proses untuk menjadikan produk atau jasa siap untuk d gunakan atau d konsumsi.
Perusahaan menggunakan perantara apabila= kekuranga sumber daya finansial untuk melakukan pemasaran langsung, pemasaran langsung memang tdk layak, memperoleh pengahasilan yang lebih besar dengan menigkatkan investasi mereka pada bisinis utama.
Sal menghsilkan 5 output jasa= ukuran lot, waktu tunggu, kenyaman tempat, variasi produk, pelayanan pendukung.

Strategi distribusi

Adalh jaringan organisasi yang melakukan fungsi2 yg menghubungkan produsen dengan pengguna akhir. Saluran distribusi tediri dari berbagai lembaga atau badan yg saling tergantung dan saling berhubungan yang salin g berfungsi sebagai suatu system atau jarinan, yang bersama2 berusaha menghasilkan dan mendistribusiakn sebuah produk kepada pengguna akhir.
Fungsi distribusi= 1. kegiatan membeli dan menjual oleh perantara pemasaran mengurangi banyaknay transaksi bagi produsen dan pengguna akhir. 2. perakitan produk kedalam persediaan membantu memenuhi waktu pembelian berbagai prefensi pembeli. 3. tranportasi menghilangkan jarak d antara pembeli dan penjual. 4. pembayaran mempermudah fungsi pertukaran. 5. pemrosesan dan penyimpanan barang menyangkut pemecahan jumlah yg besar menjadi pesanan2 individual, sambil tetap menjaga persediaan, dan mengumpulkan pesanan untuk dkirimkan. 6. oeriklanan dan promosi penjualan mengumunikasikan ketersediaan, tempat, dan ciri2 rpoduk. 7. penetapan harga menetapkan basis [ertukaran d antara penjual dan pembeli. 8. pengurangn risiko dilakukan melalui mekanisme sperti asuransi, kebijan retur, kemungkinan terjual d masa depan. 9. komunikasi anatra pembeli dan penjual mencakup kontak penjualan langsung pesanan, pesanan tertulis dan konfirmasi, dan arus informasi.
Strategi distribusi.
Saluran konvensional= suatu kelompok organisasi2 independen yang d hubungkan secara vertical, setiap organisasi berusaha untuk menaa organisasi nya sendiri, denagn sedikit perhaitan pada kinerja deseluruhan saluran.
System pemasaran vertical= jaringan yang d kelola secara professional dan terpusat yang d maksudkan untk mencapai penghematan dal;am operasi dan hasil pasar secara maksimum. Mendominasi sector eceran dan merupakan faktor2 yg signifikan d dalam bisnis dan sektor2 produk dan jasa industri.

Produk dan strategi promosi

Mengembangkan strategi produk= menetapka rioritas, strategi untuk produk yang ada, modifiklasi untuk bauran produk.
Strategi pemberian merk= membedakan suatu produk dari produk2 pesaing. Sebuah identitas merk yang kuat menciptakan suatu keunggulan bersaing utama.
Strategi promosi= menggabunkan periklanan, penualan perorangan, promosi penjualan dan publisitas menjadi suatu program terpadu untuk berkomunikasi dengan para pembeli dan orang lain yang mempengaruhi keputusan pembeli.
Komponen s.promosi= iklan, penjualan langsung, publisitas.
Pengembangan strategi promosi= mencakup penetuan: tujuan komunikasi, peranan komponen2 pembentuk bauran promosi, angaran promosi, dan stratesi setiapponen bauran..
Strategi promosi= tujuan komunikasi, pengenalan kebutuhan, pengumpulan informasi, evaluasi alternative, keputusan membeli, kegunaan produk.
Strategi penetapan harga
Peranya meliputi= menetukan bagaimana sebaiknay menetapkan darga produk baru, mengevaluasi kebutuhan untuk menyesuaikan harga, menguabh strategi penetuan posisi yang mensyaratkan modifikasi terhadap strategi harga yang sekarang, menanggapi tekanan2 dan perang haraga dan ancaman2 pesaing.
Manfaat strategi penentuan harga= isyarat bagi pembeli, insrumen bagi pesaing, mempernaiki kinerja keuangan, pertimangan bauran pemasaran.
Tujuan penetapan harga= mendapatkan posisi pasar, mencapai kinerja perusahaan, penetuan posisi pasar, merangsang permintaan, mempengaruhi permintaan. pemilihan strategi penetapan harga= 1. menentukan flexibilitas harga. 2. memutuskan bagaimana memposisikan harga d kaitkan dengan biaya dan apakah hal itu dapat d gunakan sebagai dasar untuk menentukan harga. 4. memilih strategi bersaing dan penetuan posisi.

Download File Lengkap Manajemen Pemasaran, Klik Link dibawah ini :

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment

hsaen184.blogspot.com. Powered by Blogger.
free counters