RSS

Supaya belajar bisa lebih cepat

                 Masalah yang sering dihadapi dalam belajar adalah materi yang dipelajari sulit dipahami. Meski belajarnya sudah berjam-jam, tetap nggak ngerti juga apa yang dipelajari.Dari beberapa situs tentang cara belajar yang cepat, ternyata solusi belajar yang cepat bukan berapa lama waktu yang dihabiskan, tapi apa metode belajar yang digunakan. Salah satu metode belajar yang ditawarkan adalah dengan menghapal dan mengulang apa yang dipelajari. Dengan cara ini diharapkan proses belajar lebih cepat dibanding dengan cara belajar yang hanya membaca.
Cara belajar ini adalah dengan memilih apa yang akan dipelajari, menghapalnya sedikit demi sedikit dan mengulangnya agar tidak lupa.

                Pilih materi yang benar-benar penting untuk dipelajari, dihapal dan diulangi. Tapi yang penting juga adalah ketekunan. Hanya orang tekun dan sabar yang bisa berhasil belajar dengan cepat.
Supaya berhasil ada 10 hal yang harus dilakukan:

1. harus diulang secara teratur materi pelajaran yang akan kita kuasai
2. pilih materi yang benar-benar penting untuk dipelajari
3. sabar bahwa proses belajar menghapal dan mengulang tidak bisa cepat dikuasai. Harus mulai tahap demi  tahap, mungkin di awalnya menghapal yang sedikit dulu, kalo sudah lancar, bisa menghapal materi yang banyak.
4. Sederhanakan kata-kata atau kalimat yang akan dihapal atau diulang. Semakin sederhana, semakin mudah dihapal dan diulang.
5. Buat pertanyaan untuk menguji apakah kita sudah mengerti dan ingat apa yang kita hapalkan.
6. Konsentrasi penuh untuk mempermudah proses menghapal. Pilih tempat yang bisa menambah daya konsentrasi.
7. Lakukan proses belajar menghapal secara terus-menerus, meski kita telah selesai ujian. Supaya kemampuan kita tidak hilang.
8. Nikmati proses belajar menghapal. Kemampuan menghapal tidak bisa dikuasai jika kita merasa terpaksa melakukannya.
9. Jaga kesehatan. Kalo sedang sakit, tidak bisa nyaman dan konsentrasi untuk menghapal.
10. Ingat semboyan ini:
Gak ada usaha, gak ada hasil
Jangan berusaha di luar kemampuan
Fokus pada apa yang penting dipelajari
Buat persiapan yang matang
Semakin sederhana, semakin baik
Ulang materi yang memang belum dimengerti
Selalu konsentrasi
Nikmati proses menghapal
Jaga kesehatan
Lakukan apa yang harus dilakukan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Poskan Komentar

hsaen184.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.
Ada kesalahan di dalam gadget ini