RSS

Bila Saya Orang HRD Baru

                   
                  Langkah-langkah apa yang yang harus saya lakukan, bila saya adalah orang yang baru dalam suatu perusahaan dan keinginan perusahaan tsb adalah dengan adanya saya maka ada perubahan besar terutama dalam bidang HRD.
                 salah-satu cara untuk membawa perubahan besar dalam bidang HRD, yang saya artikan pertama-tama sebagai perubahan pada Fungsi HRD dulu, adalah dengan Ibu dan pimpinan organisasi melihat Fungsi HRD sebagai suatu bisnis unit tersendiri yang memiliki tujuan utama memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan utamanya -- dalam hal ini adalah perusahaan itu sendiri. Dengan "melihat" Fungsi HRD dengan cara yang berbeda tesebut, fungsi ini akan didorong untuk menghasilkan sesuatu yang efektif dan efisien dalam menjawab kebutuhan utama dan tujuan utama organisasi. Apa itu kebutuhan utama organisasi? Inilah yang harus pertama-kali diperjelas dulu dan dimengerti oleh Fungsi HRD. 

                Sehingga, secara garis-besar saja, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Ibu lakukan, dimana uraiannya saya tuliskan juga pada majalah SWA edisi November 2006 mengenai HR Excellence: 1. Klarifikasi visi, misi, tujuan dan strategi organisasi -- Apa yang ingin dicapai organisasi 3 atau 5 tahun mendatang? 2. Tentukan kapabilitas atau kemampuan utama apakah yang diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi di atas, misalnya jaringan distribusi yang kuat, produk yang inovatif, keuangan yang sehat, SDM yang fokus pada pelanggan dll. 3. Tentukan kebutuhan pegawai atau SDM (people requirements) untuk membangun organization capabilities di atas. 4. Bangun dan implementasikan Strategi SDM berdasarkan kebutuhan SDM di atas. 5. Bangun dan implementasikan sistem dan program SDM (dari rekrutmen, performance management, pelatihan & pengembangan karir, remunerasi, sampai employee separation) sesuai dengan strategi SDM di atas. Yang penting juga untuk diingat, karena menyangkut manusia, perubahan dalam bidang HRD umumnya akan memiliki dampak keseluruh bagian dari organisasi, sehingga komitmen dan dukungan dari pimpinan organisasi akan sangat diperlukan bagi berhasilnya perubahan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Poskan Komentar

hsaen184.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.
Ada kesalahan di dalam gadget ini