RSS

Kesehatan

10 Cara Alami Hilangkan Ketombe
Siapasih yang sanggup terus-terusan diganggu ketombe, apalagi bila serangan gatalnya kerap muncul saat tampil di depan umum.Mau menggaruk malu, tetapi kalau dibiarkan, duh rasa gatalnya tak tertahankan.
Ketombe memang bikin repot dan kesal, terlebih bila berbagai produk shampoo anti-ketombe telah dicoba namun tidak memberikan hasilnya memuaskan. Apa lagi yang bisa diperbuat?
Apa sih ketombe itu?
Para ahli menghubungkan ketombe dengan infeksi jamur Pytosporum ovale dan jamur Mallassezia sebagai faktor pencetus terjadinya kelainan pada kulit kepala. Seseorang berketombe mengalami pelepasan sel kulit kepala lebih cepat dibanding orang normal.
Ketombe (juga disebut sindap dan kelemumur; dengan nama ilmiah Pityriasis capitis) adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Sel-sel kulit yang mati dan terkelupas merupakan kejadian alami yang normal bila pengelupasan itu jumlahnya sedikit. Ada orang yang yang mengalami secara terus menerus (kronis) ataupun sekali-sekali, pengelupasan dalam jumlah yang besar yang diikuti dengan pemerahan dan iritasi.
Ketombe dapat juga merupakan gejala seborrhoeic dermatitis, psoriasis, infeksi jamur atau kutu rambut. Bila berketombe, hindari menggaruk kepala secara berlebihan, karena bisa menyebabkan kerusakan kulit, sehingga dapat meningkatkan resiko infeksi, terutama sekali dari bakteri staphylococcus aureus dan streptococcus. Pengobatan segera menjadi sangat penting untuk murni alasan sosial, hilangnya kepercayaan diri bagi penderitanya.
Penyebab
Sejalan dengan bertumbuhnya kulit, sel-sel epidermal akan terdorong keluar, di mana mereka pada akhirnya mati dan terkelupas dari kepala. Pada umumnya, pengelupasan ini terlalu kecil untuk dapat terlihat mata. Namun demikian, kondisi tertentu menyebabkan pergantian/pertumbuhan sel menjadi terlalu cepat, khususya terjadi di kulit kepala. Pada orang berketombe, sel-sel kulit mungkin mati dan digantikan setiap kira-kira dua minggu sekali, sedangkan pada orang tanpa ketombe, siklus ini berlangsung satu bulan sekali. Hasilnya, sel-sel kulit mati akan terlepas dan menumpuk dalam jumlah yang besar, yang tampak sebagai serpihan-serpihan kecil berwarna putih atau kelabu di kulit kepala.
Nutrisi
Dalam beberapa kasus merupakan masalah nutrisi buruk, khususnya disebabkan defisiensi mineral seng. Seng dapat ditemukan dalam makanan seperti kerang-kerangan, ayam kalkun, babi, dan kacang-kacangan.
Pengobatan
Kiat perawatan rambut secara tepat dapat mengurangi pengelupasan, khususnya bagi mereka yang mengalami masalah ketombe yang tidak terlalu banyak. Beberapa orang memiliki persepsi yang salah dengan menolak membasuh rambut mereka, dan berpikir bahwa shampoo dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering dan bisa membuat ketombe mereka menjadi lebih banyak. Sebenarnya, dengan mencuci rambut secara reguler, kulit-kulit mati akan terlepas sebelum terkumpul banyak dan terlihat. Shampoo yang tepat akan membantu mengembalikan tingkat keasaman kulit kepala yang baik, memecah minyak, dan mencegah sel-sel kulit mati bertumpuk menjadi serpihan yang terlihat. Namun demikian, shampoo yang tidak ditujukan secara khusus untuk pengobatan, ataupun shampoo yang bukan untuk pengobatan seborrhoeic dermatitis, tidak memiliki efek untuk mengobati kulit yang teriritasi dan merah.
11 Cara Alami Hilangkan Ketombe
1. Anda tidak perlu putus asa. Ada juga terapi herbal yang bisa menjadi alternatif mengarasi masalah ketombe. Siapa tahu dengan cara alami, ketombe di kepala Anda betul-betul sirna.
Caranya, sederhana saja. Sediakan santan kelapa sebanyak 100 ml, air buah jeruk purut 100 ml, dan air buah nanas 100 ml. Campur semua bahan, gunakan ramuan untuk membasahi kulit kepala sehabis keramas. Bila pada kulit kepala terdapat luka, olesan ramuan ini akan menimbulkan perih.
2. Selain itu, bisa menggunakan ramuan alami lain yang terbuat dari setengah cangkir minyak wijen, setengah cangkir minyak kelapa, 3 lembar daun orang-aring 3 lembar daun waru, 3 lembar daun mangkokan (Nothopanax scutellarium), 3 lembar daun pandan wangi, 2 butir kemiri, 1 kuntum bunga mawar, dan 7 kuntum bunga melati.
Semua bahan tersebut direbus sampai mendidih dengan air sebanyak dua liter pada panci. Panaskan minyak wijen dan minyak kelapa hingga mendidih pula, lalu masukkan campuran minyak ke dalam panci yang berisi 2 liter air resbusan tadi. Rebus hingga mendidih lagi. Kemudian masukkan semua bahan lainnya. Setengah 15 menit ramuan diangkat, disaring, dan didinginkan. Ramuan itu dipakai menjelang tidur malam, oleskan air ramuan pada kulit sampai rata sambil memijit kira-kira 10 menit. Lakukan secara teratur sampai ketombe hilang.
3. Mau tahu cara lainnya? Bisa menggunakan 3 - 4 siung bawang merah, kupas kulitnya, lalu diparut atau tumbuk sampai halus. Oleskan ramuan bawang merah pada bagian kulit kepala sambil gosok-gosok perlahan selama 5 menit. Bilas rambut dengan air hangat sampai bersih. Lakukan perawatan ini satu kali seminggu. Jika rambut rontok, hentikan pemakaian bawang merah ini. Tandanya, rambut Anda tidak cocok dengan ramuan herbal tersebut.
4. Cara lainnya adalah menggunakan 7 lembar daun pandan segar. Cuci bersih, lalu giling sampai halus. Tambahkan setengah cangkir air bersih sambil diremas-remas hingga merata. Peras dan saring. Oleskan air perasan daun pandan ini ke kulit kepala yang berketombe. Biarkan sampai mengering kalau perlu oleskan sekali lagi. Sekitar 30 - 60 menit kemudian bila dengan air bersih, lakukan setiap hari sampai sembuh.
5. Tidak punya daun pandan, gunakan bahan kemiri. Sediakan kemiri secukupnya. Tumbuk sampai halus, lalu masuk hingga mengeluarkan minyak. Gosokkan minyak kemiri ke kulit kepala hingga meresap sampai ke pori-pori. Lalu bilas rambut dengan air bersih. Lakukan 3 kali seminggu.
6. Cara lainnya adalah dengan menggunakan sebuah jeruk nipis yang dipotong menjadi 2 -4 bagian. Gosok-gosokkan ke kulit kepala secara merata. Biarkan mengering beberapa lama. Kemudian bilas.
7. Gatalnya ketombe juga bisa diatasi dengan menggunakan daun kecubung segar, cuci 2 - 3 lembar daun kecubung segar. Tumbuk sampai halus, gosokkan pada kulit kepala yang berketombe. Diamkan beberapa lama. Kemudian bilas.
8. Cara lain adalah dengan mengoleskan seperempat buah nanas masak. Kupas kulitnya, parut, lalu peras dan saring. Tambahkan perasan 1 buah jeruk nipis. Aduk sampai rata. Gunakan ramuan untuk menggosok kulit kepala yang berketombe. Lakukan malam hari sebelum tidur. Keramas rambut di keesokan paginya. Lakukan 2 - 3 kali seminggu.
9. Bila dilingkungan rumah Anda tersedia daun ingu segar, kenapa tidak memanfaatkannya. Ambil segenggam daun ingu segar, 1 potong kunyit dan 1 sendok teh beras. Cuci bersih lalu giling sampai halus seperti bubur. Gosokkan pada kulit kepala yang mengalami ketombe.
10. Atau mau cara yang murah, sediakan seikat sayur kangkung. Cuci bersih, lalu rebus dengan 2 gelas air hingga bersisa 1 gelas. Diamkan hingga dingin. Kemudian remas-remas tak perlu terlalu lumat. Gosokkan kangkung pada kluit kepala, diamkan sekitar 30 menit. Bilas dengan air rebusan kangkung. Selanjutnya bilas dengan air biasa.
Cara lain yaitu satu ikat kangkung segar direndam dengan 1 liter air semalaman sampai airnya berwarna biru. Gunakan air tersebut untuk keramas. Lakukan secara teratur sampai ketombe hilang.
10 Mitos Salah Mengenai Ketombe
Bukan masalah serius, tetapi bikin kesal dan memalukan. Karena ketombe menimbulkan masalah dalam penampilan. Lucunya, ketombe sekaligus menciptakan mitos yang salah. Dr Rodney Sinclair, pimpinan ”the Australian Hair and Wool Research Society” yang juga dosen senior dermatologis di Universitas Melbourne, berikut ini menjelaskan tentang 10 anggapan salah tentang mitos ketombe:
Pertama: ketombe menular. Anggapan yang keliru, karena ketombe bukanlah suatu penyakit ataupun virus. Ketombe tidak dapat menular dengan saling bertukar atau meminjam sisir dan bantal. Serpihan yang tampak pada rambut adalah selkulit mati yang dihasilkan oleh jamur Mallassezia.
Kedua: ketombe bisa disembuhkan. Anggapan ini juga dinilai ngawur. Sampai saat ini, belum ada penelitian ilmiah yang dapat menemukan obat penyembuh ketombe. Obat-obatan yang ada hanya berfungsi membantu para penderita ketombe mengatasi efek sampingnya, yaitu dengan mengontrol jamur Mallassezia penyebab ketombe. Shampo anti ketombe yang mengandung formula smart Zinc Pyrithione (smart ZPT) terbukti mampu menghilangkan efek samping yang tampak sampai dengan 100% (kulit kepala kering, gatal, dan serpihan ketombe).
Ketiga: ketombe disebabkan oleh kulit kepala yang kering. Justeru sebaliknya, karena kulit kepala yang kering disebabkan oleh ketombe. Penyebab ketombe adalah Mallassezia, yaitu jamur mikroskopis pada kulit kepala. Jamur ini hidup dari minyak alami kulit, yang menyebabkan iritasi pada kulit kepala, dan meningkatkan pengelupasan sel kulit tua, sehingga menyebabkan kulit kepala kering, ketombe, dan gatal.
Keempat: stres menyebabkan ketombe. Ketombe tidak disebabkan oleh stres, tetapi stres mungkin bisa memperbanyak produksi ketombe, karena stres mempengaruhi kemampuan tubuh kita melawan ketombe.
Kelima: ketombe timbul karena kulit kepala tidak bersih. Meskipun penderita ketombe rajin berkeramas dengan shampo anti ketombe, bukan berarti bisa menyembuhkan ketombe.
Keenam: ketombe sering disebabkan oleh beragam faktor seperti sirkulasi darah yang kurang lancar, kurangnya stimulasi syaraf, dan gangguan kelenjar. Ketombe tidak disebabkan oleh ketiga hal itu, tetapi disebabkan oleh jamur Mallassezia yang hidup dari sebum pada kulit kepala. Perubahan hormon pada masa puber menstimulasi kelenjar sebaceous untuk menghasilkan sebum. Karena itu, ketombe akan mulai muncul pada awal masa puber.
Ketujuh: rambut berminyak menyebabkan ketombe. Meskipun penderita ketombe kebanyakan memiliki rambut berminyak, tetapi bukan berarti semua mereka pasti berketombe. Karena ketombe tidak disebabkan oleh minyak atau sebum (minyak alami kulit kepala),.
Kedelapan: cara tepat mengatasi ketombe di antaranya dengan pemakaian teratur shampo lembut, pengurutan kulit kepala secara teratur, pemakaian lotion antiseptik setiap hari,dan pemakaian ramuan untuk kulit kepala. Untuk mitos ini, paling tepat adalah dengan mengatasi penyebabnya. Keramas setiap hari dengan shampo anti ketombe yang mengandung formula smart Zinc Pyrithione (smart ZPT) akan dengan efektif mengatasi penyebab ketombe dan menghilangkan efek samping dari ketombe.
Kesembilan: ketombe hanya bisa diatasi oleh dokter. Pada beberapa kasus yang sangat jarang atau pada penderita ketombe yang sangat parah, konsumen direkomendasikan untuk berobat kedokter. Tetapi, pada umumnya ketombe dapat diatasi dengan pemakaian shampo anti ketombe.
Kesepuluh: shampo anti ketombe sangat keras dan dapat merusak rambut. Saat ini, shampo anti ketombe yang tepat dan bermutu baik, bukan saja mengatasi efek samping dari ketombe, tetapi juga membuat rambut terasa bersih, lembut, dan mudah diatur. Shampo anti ketombe yang telah diuji coba, memang dirancang untuk digunakan setiap hari. Formula yang mengandung 1% ZPT sangat efektif sekaligus lembut untuk pemakaian teratur.
Tips Mengatasi Ketombe
Untuk mengatasi ketombe, ikuti tips di bawah ini:
  • Hindari menggaruk kulit kepala agar tidak lecet yang dapat berakibat timbulnya infeksi sekunder.
  • Pakai shampo anti ketombe secara teratur, terutama yang mengandung Zinc Pyrithione (ZPT). Shampo anti ketombe jenis ini mempunyai efek anti bakteri dan anti jamur sehingga dapat mengurangi timbulnya serpihan kulit dan meredakan rasa gatal.
  • Gunakan shampo anti ketombe setiap hari secara teratur.
  • Pilih shampo anti ketombe ringan untuk menghindari efek samping.
  • Lakukan penggantian shampo anti ketombe untuk menghindari resistensi.
  • Hindari stres. Kendati bukan sebagai penyebab langsung, stres dapat menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh untuk mengatasi ketombe.
  • Hindari pemakaian minyak rambut, gel atau hair spray secara berlebihan karena dapat memicu pertumbuhan jamur kulit.
  • Membatasi makanan dan minuman yang dapat memicu pertumbuhan jamur kulit, misalnya: minuman beralkohol.
  • Jaga kesehatan rambut dan kulit dengan makanan kaya kandungan vitamin B, misalnya: kuning telor, kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran berwarna hijau tua.
  • Jangan lupa mengkonsumsi makanan yang megandung zinc untuk memelihara aktifitas kelenjar minyak dan sistem kekebalan, misalnya: ikan, kuning telor, daging, kedelai dan biji-bijian (beras, gandum, dll)
  • Sempatkan berjemur sinar matahari sejenak di waktu pagi dan sore hari, agar kesehatan rambut dan kulit tetap terjaga.
  • Ketombe itu menyebar dan menular. Hindari meminjamkan sisir pada teman Anda agar mereka tidak tertular. begitu juga sebaliknya.
  • Jaga barang-barang pribadi Anda agar senantiasa dalam keadaan bersih, seperti sisir, handuk dan sarung bantal.
  • Kurangi mengonsumsi makanan yang digoreng, makanan instant, gula dan coklat dan perbanyak mengonsumsi nutrisi yang mengandung zinc.
  • Konsultasikan ke dokter ahli kulit jika shampo anti ketombe menimbulkan efek samping misalnya kulit mengelupas atau efek samping lainnya.
Written by Hsaen_184 From World Document’s

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Poskan Komentar

hsaen184.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.
Ada kesalahan di dalam gadget ini